Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Situs Pabrik Semen Gresik. - Semen Gresik
Premium

Historia Bisnis: Rajawali Dapat Diskon Besar Borong Semen Gresik (SMGR)

05 Mei 2021 | 17:23 WIB
Semen Gresik akhirnya dilepaskan ke Grup Rajawali oleh Cemex karena tidak kunjung lancarnya langkah perusahaan untuk menjadi pemegang saham pengendali.

Bisnis.com, JAKARTA - Cemex SA, raksasa semen terbesar ketiga di dunia, akhirnya sepakat untuk menjual kepemilikan sebanyak 24,9 persen atas saham PT Semen Gresik Tbk.(SMGR) pada harga US$2,28 per saham, setara Rp20.018 per saham. 

Nilai penjualan oleh Cemex ini diskon 28 persen dari harga pasar tertinggi. Yang bertindak menjadi pembeli Grup Rajawali. Kepastian ini menjadi laporan Bisnis Indonesia edisi 5 Mei 2006 dengan tajuk 'Semen Gresik dijual diskon 28 persen'.

Perusahaan semen Meksiko itu, seperti dikutip Bloomberg, menjual saham SMGR setelah langkah mengendalikan Semen Gresik terhambat.

Menurut syarat dalam perjanjian jual beli saham itu, transaksi senilai US$337 juta itu tergantung pada persetujuan pemerintah Indonesia dan terpenuhinya beberapa kondisi lainnya.

Harga saham Semen Gresik kemarin terjungkal ke posisi Rp24.500 per saham dari harga tertinggi Rp28.000. Dari penjualan saham tersebut, Cemex mengantongi keuntungan US$0,9 per saham.  Perusahaan semen itu membeli 14 persen saham Semen Gresik pada September 1998 dengan harga US$1,38 per saham. 

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top