Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Tambang Tujuh Bukit milik PT Merdeka Copper Gold Tbk. (MDKA). - merdekacoppergold.com
Premium

Prospek Antam (ANTM) Vs Merdeka (MDKA) Jadi 'Raja' Tambang

04 Mei 2021 | 12:00 WIB
Kapitalisasi pasar ANTM dan MDKA di Bursa Efek Indonesia kerap bergantian menembus level Rp60 triliun. Hal itu pun menasbihkan salah satu di antaranya sebagai emiten tambang dengan kapitalisasi pasar terbesar di BEI.

Bisnis.com, JAKARTA - Di tengah pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang naik turun di kisaran level 6.000, dua saham emiten tambang logam PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM) dan PT Merdeka Copper Gold Tbk. (MDKA) cukup mencuri perhatian.

Kapitalisasi pasar ANTM dan MDKA di Bursa Efek Indonesia kerap bergantian menembus level Rp60 triliun. Hal itu pun menasbihkan salah satu di antaranya sebagai emiten tambang dengan kapitalisasi pasar terbesar di BEI, mengalahkan emiten tambang jumbo lainnya seperti PT Vale Indonesia Tbk. (INCO) ataupun di sektor batu bara, PT Bayan Resources Tbk. (BYAN).

Pada perdagangan Selasa (4/5/2021) sesi I, saham ANTM bertengger di posisi Rp2.560 dengan kapitalisasi pasar Rp61,52 triliun. Harga saham ANTM sudah meningkat 32,3 persen sepanjang tahun berjalan.

Adapun, dalam waktu yang sama saham MDKA berada di posisi Rp2.540 dengan kapitalisasi pasar Rp58,18 triliun. Saham entitas Grup Saratoga itu meningkat 4,53 persen sepanjang 2021.

Persaingan antara ANTM dan MDKA juga mengingatkan kita kepada sosok kakak beradik Garibaldi 'Boy' Thohir dan Erick Thohir. Boy Thohir merupakan pemegang saham MDKA sebesar 1,79 miliar saham atau setara 8,204 persen.

Namun, pada 28 April 2021, PT Adaro Energy Tbk. (ADRO), melalui entitas anaknya PT Alam Tri Abadi, melakukan pembelian saham MDKA yang dimiliki oleh Garibaldi Thohir sebanyak 179 juta saham. Harga transaksi per saham ialah Rp2.420, sehingga total transaksi mencapai Rp433,18 miliar.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top