Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Tumpukan emas dengan berat dan ukuran yang berbeda-beda dijual di Gold Investments Ltd. di London, Inggris, Rabu (29/7/2020). - Bloomberg/Chris Ratcliffe
Premium

Kilau Emas & Tembaga Bikin ADRO Kepincut Borong Saham MDKA?

03 Mei 2021 | 19:30 WIB
PT Adaro Energy Tbk. (ADRO) melakukan investasi jangka panjang dengan membeli saham PT Merdeka Copper Gold Tbk. (MDKA) yang dimiliki oleh Garibaldi Thohir.

Bisnis.com, JAKARTA – Manuver PT Adaro Energy Tbk. (ADRO) berinvestasi di saham PT Merdeka Copper Gold Tbk. (MDKA) digadang-gadang sebagai langkah awal diversifikasi ke sektor pertambangan di luar batu bara.

Lewat keterbukaan informasi di laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Manajemen Adaro Energy mengumumkan telah melakukan investasi keuangan melalui anak usaha yang sepenuhnya dimiliki perseroan, PT Alam Tri Abadi (ATA).

Emiten berkode saham ADRO itu membeli saham Merdeka Copper Gold yang dimiliki oleh Garibaldi Thohir sebanyak 179 juta lembar saham dengan harga Rp2.420. Dengan demikian, dana yang dirogoh dari kantong perseroan senilai  Rp433,18 miliar.

Pembelian saham melalui ATA itu termasuk suatu transaksi afiliasi. Pasalnya, Garibaldi Thohir merupakan Presiden Direktur Adaro Energy dan Komisaris Utama ATA.

ADRO menyebut dana pembelian saham MDKA itu hanya 2,62 persen dari total kas dan setara kas perseroan per 31 Desember 2020. Sebagian besar kas dan setara kas perseroan ditempatkan pada instrumen keuangan yang konservatif serta bebas risiko untuk memastikan pendekatan investasi yang pruden.

Dalam paparan yang sama, Manajemen Adaro Energy mengklalim memiliki posisi keuangan dan tingkat likuiditas yang cukup baik. Perseroan meyakini harga pembelian saham MDKA telah merefleksikan nilai wajar saat pembelian dilakukan pada 28 April 2021.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top