Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Pengemudi ojek daring mengenakan sekat pelindung saat menunggu penumpang di kawasan jalan Kendal, Jakarta, Rabu (10/6/2020). - ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Premium

Di Balik Ambisi Baru Gojek, Ada Peluang Simbosis Mutualisme dengan Astra (ASII)?

03 Mei 2021 | 16:15 WIB
Gojek bakal mewujudkan ambisinya untuk menerapkan penggunaan kendaraan listrik alias electric vehicle (EV) kepada armada para mitranya. Hal ini berpotensi menjadi katalis positif bagi emiten otomotif, terutama mobil listrik.

Bisnis.com, JAKARTA – Sebuah rencana besar dicanangkan oleh PT Aplikasi Karya Anak Bangsa alias Gojek. Perusahaan dekakorn tersebut memiliki harapan menjadi salah satu korporasi yang menerapkan kendali emisi karbon.

Hal itu tampak dari rencana Gojek yang menargetkan bisa mengganti seluruh armada ride hailing baik sepeda motor maupun mobil para mitranya dengan kendaraan listrik. Rencana itu ditargetkan dapat dilaksanakan pada 2030, atau sekitar satu dekade ke depan.

Seperti dikutip dari Tempo.co (3/5/2021), yang melansir Reuters, Gojek akan bekerjasama dengan produsen dan leasing untuk mewujudkan ambisi penggunaan kendaraan listrik alias electric vehicle (EV) tersebut.

“Target kami adalah bekerja dengan berbagai pemain berbeda dalam industri dan pemerintah untuk mengurangi biaya EV menjadi sekitar 30 persen lebih rendah daripada kendaraan bermesin pembakaran internal,” kata Co-Chief Executive Gojek Kevin Aluwi.

Menurut Kevin, Gojek sedang berupaya mendukung pengembangan industri kendaraan listrik Indonesia, termasuk membangun infrastruktur seperti pertukaran baterai dan stasiun pengisian.

Kevin Aluwi, ikut mendirikan Gojek pada 2011, mengatakan Gojek perusahaan program percontohan kendaraan listrik di Indonesia bersama Pertamina dan PLN, pembuat skuter Gesits, Viar, NIU Technologies, hingga Honda Motor Co Ltd.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top