Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Pengunjung mendapat penjelasan dari penjaga stan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk sebelum pandemi. - Antara
Premium

Historia Bisnis: BRI Berburu Underwriter untuk IPO

30 April 2021 | 14:55 WIB
Underwriter berperan penting mengevaluasi nilai perusahaan dan menentukan nilai saham yang akan dilepas ke publik.

Bisnis.com, JAKARTA - Privatisasi saham BUMN menjadi isu yang ditunggu oleh publik. Kepemilikan mayoritas oleh negara menjadikan saham perusahaan ini memberi keyakinan untuk investasi jangka panjang. 

Atas dasar itu tim penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) 30 persen saham PT Bank Rakyat Indonesia serius memilih penjamin pelaksana yang tidak menangani proses serupa di bank lain untuk menghindari terjadinya benturan kepentingan. Hal itu menjadi laporan Bisnis Indonesia edisi 30 April 2003 dengan tajuk 'Underwriter BRI tak boleh tangani bank lain'

“Yang terpilih nantinya adalah investment banking lokal dan asing. Mereka disyaratkan tidak sedang mengerjakan IPO di bank lain seperti di Bank Mandiri,” ungkap sumber Bisnis yang mengetahui proses IPO BRI di Jakarta seperti yang dilaporkan 18 tahun lalu.

Sejauh itu manajemen BRI diketahui menetapkan lima shortlisted calon penjamin pelaksana (underwriter) untuk menangani IPO hingga 30 persen saham BRI. Mereka merupakan bagian dari 20 investment banking yang telah menyatakan minat untuk terlibat dalam penjualan saham bank pelat merah tersebut.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top