Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Articulated dump truck mengangkut material pada pengerukan lapisan atas di pertambangan nikel PT Vale Indonesia Tbk. di Soroako, Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2019). - ANTARA FOTO/Basri Marzuki
Premium

Napas BUMN di Balik Akhir Puasa Dividen Vale (INCO)?

29 April 2021 | 20:10 WIB
Kedatangan Inalum atau MIND ID sebagai pemegang saham perseroan memang digadang-gadang akan membawa warna baru di dalam Vale Indonesia termasuk urusan pembagian dividen.

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten pertambangan mineral, PT Vale Indonesia Tbk. (INCO), mengakhiri puasa pembagian dividen tunai dalam 6 tahun terakhir.

Vale Indonesia terakhir kali membagikan dividen tunai untuk kinerja tahun buku 2014. Sejak saat itu, perseroan belum pernah membagikan dividen lagi.

Penantian para pemegang saham akan dividen emiten berkode saham INCO itu berakhir pada Kamis (29/4/2021). Rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) menyetujui pembagian dividen tunai atas kinerja periode 2020.

Vale Indonesia akan membagikan 40 persen dari laba bersih senilai US$82,81 periode 2020. Artinya, jumlah dividen tunai yang akan dibayarkan oleh perseroan senilai US$33 juta atau setara US$0,00333 per saham.

Peluang INCO mengakhiri puasa pembagian dividen telah diprediksi sejak kehadiran PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau MIND ID sebagai pemegang saham.

Vale Indonesia telah merampungkan proses transaksi divestasi saham kepada MIND ID pada Oktober 2020. Penjualan dan pengalihan 20 persen saham itu senilai Rp5,52 triliun yang terdiri atas 1,98 saham dengan harga pelaksanaan Rp2.780 per saham.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top