Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Pengunjung melihat mobil yang dipamerkan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 di Jakarta, Jumat (28/4). - JIBI - Dedi Gunawan
Premium

Rekomendasi Saham Emiten Otomotif Setelah Sinyal Kuat Efek Pajak Mobil 0 Persen

28 April 2021 | 08:41 WIB
Emiten produsen mobil maupun industri pendukungnya menunjukkan peningkatan kinerja setelah diskon pajak mobil 0 persen bergulir. Siapakah yang layak koleksi?

Bisnis, JAKARTA — Emiten dealer kendaraan roda empat, PT Industri dan Perdagangan Bintraco Dharma Tbk. (CARS) yang anak usahanya, Nasmoco Group, menjadi distributor produk Toyota untuk Jawa Tengah dan Yogyakarta menyebutkan terjadi peningkatan tajam penjualan pada Maret 2021 setelah diskon pajak mobil 0 persen berlaku. 

Dharma Yosef, Investor Relations Bintraco menyebutkan tren penjualan mobil sejak Maret 2021 menunjukan peningkatan tajam dibandingkan Februari dan Januari 2021.

“Dalam 2 bulan pertama rata-rata penjualan sekitar 890 unit sedangkan pada Maret 2021 diperkirakan kenaikan mencapai hampir 100 persen dari rata-rata 2 bulan pertama karena banyak pelanggan memanfaatkan realisasi dari kebijakan pemerintah melalui insentif PPnBM,” jelasnya kepada Bisnis, Selasa (27/4/2021 ).

Diskon pajak PPnBM berlandaskan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 20/PMK.010/2021 tentang Pajak Penjualan Atas Barang Mewah atas Penyerahan Kena Pajak Yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor Tertentu yang Ditanggung Pemerintah Tahun Anggaran 2021.

Pasal 5 dalam beleid tersebut menjelaskan bahwa insentif PPnBM sebesar 100 persen akan diberikan selama periode Maret hingga Mei. Insentif 50 persen diberikan pada Juni sampai dengan Agustus, dan 25 persen di bulan September hingga Desember 2021.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top