Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Seorang pekerja membongkar muat Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit dari dalam rakit di Desa Rantau Bais, Rokan Hilir, Riau, Senin (8/3/2021).  - ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid
Premium

Badai Covid-19 di India, Prospek Harga CPO Masih Menarik?

27 April 2021 | 19:05 WIB
Gelombang penyebaran virus Covid-19 di India saat ini terus menunjukkan tanda-tanda meluas. Adapun India merupakan salah satu konsumen CPO terbesar di dunia.

Bisnis.com, JAKARTA – Gelombang penyebaran virus Covid-19 di India saat ini terus menunjukkan tanda-tanda meluas. Apalagi saat ini ditemukan varian virus Covid-19 baru di negara tersebut. Kondisi itu dikhawatirkan bakal mengganggu ekonomi terutama perdagagan negara tersebut.

India menjadi salah satu negara utama tujuan ekspor produk minyak kelapa sawit mentah (CPO) dan turunannya. Bersama dengan Malaysia, Indonesia menjadi pemasok utama komoditas itu ke Negeri Bollywood.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) memperlihatkan ekspor komoditas kelapa sawit pada 2020 mencapai 4,69 juta ton dengan nilai US$3,05 miliar. India menjadi pasar terbesar setelah China yang pada 2020 mengimpor 5,64 juta ton minyak sawit dari Indonesia.

Kinerja perdagangan India pada Maret 2021 sejatinya menunjukkan kinerja yang baik dengan rekor impor bulanan yang mencapai US$48,4 miliar dan ekspor sebesar US$34,4 miliar. 

Sepanjang kuartal I/2021, impor negara tersebut naik 18,4 persen dibandingkan dengan tahun lalu. Di sisi lain, data BPS menunjukkan India menjadi salah satu negara penyumbang kenaikan impor dan ekspor terbesar bagi Indonesia. 

Pada Maret 2021, ekspor Indonesia ke India naik US$519,5 juta dan menjadi indikasi permintaan yang naik di negara tersebut. Sementara impor dari India naik US$357,3 juta.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top