Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Lonjakan harga bitcoin ternyata juga terjadi di tengah lonjakan harga emas yang menjadi pilihan investasi aman. Apa saja penyebabnya? (Bloomberg)
Premium

Daftar Panjang Kejahatan Investasi Mata Uang Kripto, Ada Indonesia?

27 April 2021 | 14:30 WIB
Meroketnya pamor aset kripto, salah satunya Bitcoin, turut menambah panjang deretan aksi kriminal yang melibatkan aset tersebut.

Bisnis.com, JAKARTA – Mata uang kripto belakangan pamornya makin kencang dan menjadi instrumen investasi fenomenal. Tak heran banyak orang berbondong-bondong untuk menginvestasikan dananya ke aset tersebut. 

Ironisnya, ingginya pamor mata uang kripto dibarengi dengan banyak kasus kriminal atau penipuan yang melibatkan mata uang digital tersebut. Alhasil, banyak orang alih-alih mendapatkan untung, malah buntung dengan nilai yang jumbo.

Belum lama ini kasus besar terjadi di Turki yang menambah daftar hitam kejahatan investasi kripto di dunia.

Kripto mania mendapatkan alarm peringatan di Turki setelah dua bursa lokal runtuh dalam beberapa hari. Melansir Bloomberg, runtuhnya exchanger kripto lokal Turki seperti Thodex dan Vebitcoin telah memicu perburuan pendirinya karena menyebabkan kerugian yang tidak terhitung terhadap orang Turki.

"Pasar ini terlihat sepeti jurang maut dan regulasi mutlak dibutuhkan. Risiko bisa memicu risiko baru," kata Orkun Godek, kepala penelitian di Deniz Investment yang berbasis di Istanbul. 

Ledakan mata uang kripto di Turki ini dipicu karena banyak orang Turki yang berusaha melindungi tabungan mereka. Inflasi mencapai 16,2 persen pada bulan Maret, lebih dari tiga kali lipat dari target bank sentral. Sementara itu nilai tukar lira telah melemah lebih dari 10 persen terhadap dolar tahun ini.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top