Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Aktivitas perdagangan saham di New York Stock Exchange. Wall Street kembali mencetak rekor tertinggi setelah reli saham-saham teknologi, Selasa (1/9/2020). - Bloomberg
Premium

Alarm Peringatan Gelembung SPAC alias Perusahaan Cek Kosong

22 April 2021 | 17:39 WIB
Skema merger para dengan spesial purpose acquisition companies (SPAC) atau perusahaan cek kosong saat ini diminati oleh perusahaan startup global.

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan hedge fund raksasa berskala besar Marshall Wace, membunyikan lonceng peringatan tentang ledakan pasar SPAC atau spesial purpose acquisition companies. Peringatan itu muncul setelah dia berinvestasi pada perusahaan cek kosong dengan nilai lebih dari US$1 miliar.

Dia mengkritik siklus ekosistem SPAC alias perusahaan akuisisi bertujuan khusus yang dinilainya berisiko tinggi bagi investor, sponsor dan perusahaan yang menggunakannya sebagai jalan pintas untuk masuk ke lantai bursa.

Paul Marshall, salah satu pendiri Marshal Wace mengatakan risiko meningkat ketika tanda-tanda gelembung atau bubble SPAC mulai bermunculan. Apabila gelembung tersebut terjadi, maka bukan tidak mungkin investasi di SPAC akan memberikan return yang buruk bagi investor.

"Fenomena SPAC akan berakhir buruk dan memakan banyak korban," kata Marshall seperti dilansir Bloomberg, Kamis (21/4/2021).

Marshall mengatakan bahwa perusahaannya memiliki lebih dari US$1 miliar eksposur ke SPAC dalam bentuk dana lindung nilai Eureka.

Di sisi lain, dia melihat struktur SPAC bahkan dapat dirancang untuk mendorong ‘bezzle’, yang merujuk pada istilah yang diciptakan oleh ekonom John Kenneth Galbraith untuk menggambarkan periode di mana seorang melakukan penggelapan atau mencuri uang tetapi korban belum menyadarinya.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top