Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Pekerja membersihkan menara BCA di Jakarta, Selasa (12/3/2019). - ANTARA - Sigid Kurniawan
Premium

Kelit BCA (BBCA) Menjaga Persaingan di Segmen Bank Digital

22 April 2021 | 19:46 WIB
Lini bisnis bank digital dari PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) ditargetkan bisa beroperasi pada pertengahan tahun ini.

Bisnis.com, JAKARTA – Ada pergeseran arah kompetisi dan transformasi perbankan di Indonesia, dengan kehadiran bank digital di Indonesia. Agar tak kalah bersaing, bank konvensional terbesar seperti PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) juga telah menyiapkan strategi menghadirkan bank digital.

Seperti diketahui, bank digital saat ini sedang naik daun. Apalagi, perusahaan startup unikorn seperti PT Aplikasi Karya Anak Bangsa juga mulai masuk ke bank digital dengan berinvestasi di PT Bank Jago Tbk (ARTO) atau dulu bernama PT Bank Artos Indonesia.

Beberapa nama bank yang sudah lebih dulu masuk ke digital seperti DBS Indonesia melalui Digibank dan PT Bank BTPN Tbk (BTPN) melalui Jenius. Kemudian, CT Corp juga masuk bank digital dengan mengakuisi PT Bank Harda International Tbk (BBHI).

Tak kalah, manajemen PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) pun berupaya menyasar sektor tersebut. Melalui Bank Digital BCA yang merupakan hasil transformasi dari PT Bank Royal Indonesia, lini bisnis digital itu ditargetkan bisa beroperasi pada pertengahan tahun ini.

Adapun, BCA mengambilalih saham Bank Royal pada November 2019. Nilai pengambilalihan yang dilakukan adalah sebesar Rp988.046.957.182.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan mengatakan selama ini BCA telah memiliki nasabah eksisting yang cukup besar, atau mencapai lebih dari 2 juta nasabah. Dengan adanya bank digital, lanjut Jahja, akan terdapat segmen terbaru yang dapat difokuskan.  

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top