Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Karyawan melintas di depan logo PT Astra International Tbk. - Bloomberg / Dimas Ardian
Premium

Dari Gojek hingga Halodoc, Astra (ASII) Makin Agresif Suntik Startup

22 April 2021 | 16:31 WIB
PT Astra International Tbk. (ASII) mengumumkan investasi di dua startup, Sayurbox dan Halodoc. Apa yang membuat perusahaan ini masuk ke perusahaan rintisan teknologi?

Bisnis.com, JAKARTA — Jika benar pandemi Covid-19 mengajarkan pentingnya percepatan digitalisasi, maka hal itu pula yang mulai disadari PT Astra International Tbk. (ASII).

Presiden Direktur ASII Djony Bunarto mengatakan digitalisasi merupakan alasan kunci di balik keputusan perusahaannya mengguyur dana ke dua startup, Sayurbox dan Halodoc, belum lama ini.

“Ini termasuk modernisasi yang kami lakukan, untuk memastikan pertumbuhan berkelanjutan daripada Astra sendiri tetap relevan,” paparnya dalam konferensi pers virtual, Kamis (22/4/2021).

Djony juga menambahkan ke depan, perusahaan akan terus membuka kemungkinan berinvestasi di startup-startup digital lain. Meskipun, dia belum mengisyaratkan startup dengan klasifikasi seperti apa yang dipandang ideal sebagai ladang investasi perseroan.

“Selain modernisasi di internal secara organik, kami ingin lebih agresif melihat peluang-peluang anorganik. Termasuk, bisnis rintisan berbasis teknologi [startup],” imbuhnya.

Sayurbox, e-commerce yang khusus menjual produk-produk sayuran serta bahan olahan lain, disuntik Astra dengan nominal pendanaan US$5 juta atau setara Rp72,64 miliar. Nominal suntikan modal untuk Halodoc lebih fantastis lagi, tepatnya sebesar US$35 juta atau setara Rp508,49 miliar.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top