Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Pelanggan menunggu pelayanan di gerai Smartfren, Serpong, Tangerang Selatan, Sabtu (5/1/2019). - Bisnis/Endang Muchtar
Premium

Stok Frekuensi 2,3 GHz FREN & Anak TLKM Bertambah, Dorong Harga Saham?

22 April 2021 | 12:44 WIB
Smartfren (FREN) mendapatkan tambahan frekuensi sebesar 10 MHz dalam blok 2,3 GHz sedangkan anak Telkom (TLKM) yakni Telkomesel mendapatkan 20 MHz

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah menetapkan PT Smartfren Telecom Tbk. (FREN) dan anak usaha PT Telkom Indonesia (persero) Tbk. (TLKM) yakni PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) memenangkan tahapan lelang harga frekuensi 2,3 GHz. 

Kemenangan tersebut membuat Smartfren dan Telkomsel berpeluang mendapat tambahan spektrum frekuensi masing-masing sebesar 10 MHz dan 20 MHz di pita 2,3 GHz. Kedua peserta seleksi tersebut juga berhak untuk masuk ke tahap selanjutnya yaitu penentuan blok lelang.  

Sebelumnya, Smartfren dan Telkomsel masing-masing telah memiliki frekuensi sebesar 30 MHz di pita frekuensi 2,3 GHz. Dengan kemungkinan tambahan frekuensi dalam blok 2360-2390 MHz ini, maka Telkomsel akan menguasai 50 Mhz dan Smartfren menggenggam 40 MHz. Membuat kemampuan kedua perusahaan makin tangguh dalam menggelar layanan 4G.

Sebelumnya blok 2,3 GHz digadang-gadangkan sebagai frekuensi yang digunakan pemerintah untuk teknologi internet super cepat 5G. Akan tetapi, keputusan pemerintah untuk memanfaatkan blok ini berubah setelah lelang awal dibatalkan.   

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top