Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Pekerja melintas di depan layar elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Rabu (12/8/2020). - Bisnis/Abdurachman
Premium

Nippon Indosari (ROTI), Merdeka Copper (MDKA), Ramayana (RALS) Buyback, Bagaimana Sahamnya?

20 April 2021 | 18:43 WIB
Sejumlah emiten sudah menyampaikan niatan melakukan buyback saham. Siapa saja mereka dan apa alasan melakukan aksi korporasi ini?

Bisnis.com, JAKARTA — Mulai Selasa (20/4/2021), emiten konsumer PT Nippon Indosari Corporindo Tbk. dijadwalkan melakukan pembelian kembali atau buyback saham perseroan sebesar 300 juta saham atau setara dengan maksimum Rp480 miliar.

Manajemen emiten berkode saham ROTI itu menyatakan proses buyback dilakukan pada 20 April-19 Juli 2021. Adapun harga pembelian saham dibatasi paling besar Rp1.600 per saham.

Dalam keterbukaan informasi di laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (19/4), perseroan menegaskan aksi korporasi ini tidak akan mengakibatkan penurunan pendapatan maupun memberikan dampak terhadap biaya pembiayaan karena menggunakan kas internal dari kegiatan operasional.

Sebaliknya, buyback disebut akan memberikan fleksibilitas bagi ROTI untuk mengelola modal jangka panjang. Saham treasury ini disebut dapat dijual lagi nantinya dengan nilai yang optimal ketika perusahaan membutuhkan penambahan modal.

"Pembelian kembali dapat menstabilkan harga dalam kondisi pasar yang fluktuatif," terang Direktur ROTI Arlina Sofia dan Direktur ROTI Indrayana dalam keterbukaan informasi tersebut.

Rencana tersebut bisa jadi berpengaruh terhadap harga saham perseroan, yang masuk dalam daftar 10 besar top gainer pada Selasa (20/4). Pada perdagangan saham, Selasa (20/4), saham ROTI ditutup di posisi Rp1.510 alias melambung 13,53 persen dari penutupan hari sebelumnya, yang berada di level Rp1.330.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top