Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Timah digunakan untuk penyambung logam. - Bloomberg / Waldo Swiegers
Lihat Foto
Premium

Historia Bisnis : ANTM & BUMI Bersaing Caplok Herald Resources

Antam dan Bumi Resources memperebutkan perusahaan tambang seng dan timah hitam asal Australia Herald Resources.
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com
19 April 2021 | 13:22 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM) mendapat lampu hijau untuk menaikkan harga penawaran seluruh saham perusahaan tambang Australia, Herald Resources Ltd, yang juga tengah diincar oleh PT Bumi Resources Tbk. (BUMI) pada 2008.

Aneka Tambang (Antam) mendapat persetujuan dari rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) untuk menaikkan harga penawaran Herald mencapai maksimal 693,93 juta dolar Australia atau setara dengan 3,5 dolar Australia per saham.

Restu pemegang saham itu didapatkan Antam dalam perjalanan bersaing mendapatkan Herald Resources. Selain perseroan, emiten batu bara Grup Bakrie, Bumi Resources, ikut menawar perusahaan tambang seng dan timah hitam asal Australia tersebut.

RUPSLB sepakat memberi wewenang kepada direksi Antam untuk bertransaksi dan mengubah harga penawaran. Dengan catatan, nominal itu tidak melebihi nilai pasar wajar berdasarkan rekomendasi penilai independen.

Direktur Utama Aneka Tambang kala itu Dedi Aditya memaparkan detail penawaran perseoan untuk Herald terekam dalam Koran Bisnis Indonesia edisi 19 April 2008 di artikel berjudul ‘Antam siap tawar Herald A$693,93 juta’.

Dedi menjelaskan bahwa jumlah saham Herald yang diterbitkan pada 7 Maret 2008 dalah 197,7 juta. Dengan asumsi penawaran 2,5 dolar Australia per saham, nilai transaksi maksimum keseluruhan 494,3 juta dolar Australia.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top