Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Ilustrasi Bitcoin diletakkan di atas lembaran uang dolar AS. - REUTERS/Dado Ruvic
Premium

Strategi Cuan di Aset Kripto seperti Bitcoin yang Penuh Risiko

15 April 2021 | 16:18 WIB
Aset kripto seperti Bitcoin saat ini disebut-sebut sedang menjadi primadona bagi para investor, kendati pergerakan harganya sangat fluktuatif.

Bisnis.com, JAKARTA – Mata uang kripto atau cryptocurrency, salah satunya Bitcoin, kini disebut-sebut sebagai primadona pelaku pasar. Terlebih ketika sejumlah instrumen investasi terkontraksi, Bitcoin masih memberikan cuan menggiurkan. 

Melansir Bloomberg, Kamis (15/4/20210, harga Bitcoin terus mengalami kenaikan, terutama setelah munculnya sentimen aksi penawaran umum perdana (IPO) dari Coinbase Global Inc. Penguatan tersebut memperpanjang kenaikan di Asia ke level US$63.856 atau setara dengan Rp 932,2 juta (Rp14.600). 

Angka ini terpaut jauh dibandingkan dengan emas, yang disebut sebagai jawara investasi di tengah pandemi covid-19. Logam mulia hanya tumbuh 25,16 persen dari Rp771.000 pada awal tahun menjadi Rp965.000 per gram.

Keuntungan yang dijanjikan Bitcoin sepanjang 2020 memang menggiurkan. Namun, sebelum memutuskan untuk berkecimpung dalam transaksi jual beli atau berinvestasi di Bitcoin atau kripto lainnya, sebaiknya perlu memperhitungkan peluang dan risiko.

Direktur dan Senior Partner OneShildt Financial Planning Budi Rahardjo mengatakan pemilihan instrumen investasi seharusnya didasari oleh suatu fundamental yang kuat. Indikator fundamental itu bisa dilihat dari analisa dan performa dari kinerja masa lalu.

"Bitcoin untuk saat ini adalah suatu instrumen investasi yang belum dapat digunakan sebagai kendaraan untuk merencanakan keuangan karena sifatnya yang terlalu volatil," jelas Budi kepada Bisnis Kamis (14/4/2021).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top