Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Jawa 9&10. (ANTARA - Istimewa).
Premium

Kebijakan Korsel Bisa Senggol Proyek Barito Pacific (BRPT)?

15 April 2021 | 20:32 WIB
Pemerintah Korea Selatan (Korsel) disebut tengah menimbang keputusan untuk menarik pendanaan kepada proyek PLTU berbahan bakar batu bara di luar negeri, termasuk di Indonesia.

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah Korea Selatan (Korsel) saat ini sedang dalam posisi gamang dalam hal penyaluran pembiayaan ke proyek pembangkit listrik tenaga batu bara di luar negeri.

Sepert dilansir dari Bloomberg, Kamis (15/4/2021), Korsel sedang dalam posisi di bawah tekanan Amerika Serikat untuk menghentikan dukungan kepada proyek pembangkit listrik tenaga batu bara di luar negeri. Apalagi, pada pekan ini, pemerintah Korsel dan AS akan bertemu untuk membahas mengenai kebijakan pengendalian perubahan iklim.

Salah satu sumber dari kalangan pemerintah Korsel, yang enggan disebutkan namanya mengatakan, AS menginginkan Korsel menarik diri dari proyek pembangkit listrik tenaga batu bara di Vietnam dan Indonesia.

Adapun, utusan Presiden AS Joe Biden yakni John Kerry dijadwalkan tiba di Seoul pekan ini untuk melakukan pembicaraan menjelang pertemuan pemerintah kedua negara di Gedung Putih pada 22 April.

Selain itu, Gedung Putih juga meminta agar Korsel meningkatkan target pengurangan produksi emisi nasionalnya. Presiden Korsel Moon Jae-in diyakini sejumlah pihak akan menuruti permintaan dari AS, sebelum masa jabatannya berakhir pada Mei 2022.

Namun demikian, salah satu sumber lain mengatakan, Korsel tidak akan dapat merevisi target dan menentukan sikap secara cepat dalam waktu dekat. Sebab, pemerintah masih akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendiskusikan kebijakan itu.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top