Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Pengunjung berjalan kaki di mall Kuningan City, Jakarta, Kamis (17/12/2020). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menginstruksikan melalui Seruan Gubernur nomor 17 tahun 2020 agar pusat perbelanjaan atau mall di DKI Jakarta membatasi jam operasional hingga pukul 19.00 WIB pada libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. - ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Premium

Pendapatan PWON, SMRA, BSDE hingga CTRA Siap Menjulang

15 April 2021 | 12:16 WIB
Kantong emiten properti dengan portofolio mal digadang-gadang makin tebal sejalan dengan prospek kenaikan tingkat kunjungan yang mendorong okupansi.

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten properti yang memiliki portofolio mal mendapat peluang untuk mempertebal pendapatan berulang dari segmen penyewaan pusat perbelanjaan pada tahun ini.

Ekspektasi kenaikan tingkat kunjungan mal disampaikan oleh Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APBI). Pada periode jelang Idulfitri 2021, APBI memproyeksikan tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan akan meningkat 40 persen dibandingkan dengan tahun lalu.

Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonsus Widjaja mengatakan larangan mudik Lebaran 2021 berpeluang kuat mendongkrak kunjungan bagi pusat perbelanjaan di kota besar, khususnya DKI Jakarta.

Proyeksi itu menjadi angin segar bagi emiten properti yang memiliki portofolio mal. Berdasarkan data yang dihimpun Bisnis, emiten tersebut antara lain PT Metropolitan Kentjana Tbk. (MKPI), PT Plaza Indonesia Realty Tbk. (PLIN), PT Pakuwon Jati Tbk. (PWON), PT Ciputa Development Tbk. (CTRA), PT Agung Podomoro Land Tbk. (APLN), PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR), PT Bumi Serpong Damai Tbk. (BSDE), dan PT Summarecon Agung Tbk. (SMRA).

Angin segar tersebut sejalan dengan prospek kenaikan tingkat sewa pusat perbelanjaan atau okupansi mal yang sempat melorot pada 2020. Hal tersebut akan berdampak positif terhadap pendapatan berulang atau recurring income emiten properti.

Pendapatan berulang emiten properti dari biaya sewa pusat perbelanjaan pun diperkirakan mulai pulih secara bertahap pada semester II/2021. Analis Maybank Kim Eng Sekuritas Aurellia Setiabudi dan Isnaputra Iskandar menjelaskan dalam riset terbarunya bahwa program vaksinasi Covid-19 akan menjadi kunci sukses pemulihan recurring income emiten properti.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top