Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Bandara Ahmad Yani Semarang.  - Bisnis.com
Premium

Adu Kuat Garuda Indonesia (GIAA) & AirAsia (CMPP) Lepas Tato "E"

13 April 2021 | 16:02 WIB
Emiten Garuda Indonesia dan Airasia Indonesia mmendapatkan notasi khusus dengan kode E. Mampukan mereka segera melepas status berekuitas negatif tersebut?

Bisnis.com, JAKARTA – Dua emiten sektor penerbangan, PT Garuda Indonesia Tbk. dan PT AirAsia Indonesia, terekam masuk dalam daftar emiten bernotasi khusus yang diberikan Bursa Efek Indonesia (BEI).

Kedua emiten tersebut termasuk dalam 59 perusahaan tercatat yang mendapatan notasi khusus atau 'tato' sampai dengan 9 April 2021 di belakang ticker atau kode saham emiten tersebut.

Emiten berkode saham GIAA dan CMPP tersebut masuk dalam kategori emiten dengan ekuitas negatif atau dengan kode E. Artinya, emiten memiliki ekuitas negatif pada laporan keuangan terakhir atau defisiensi modal.

Dalam hal ini, bisnis penerbangan boleh dibilang menjadi sektor yang paling terdampak pandemi Covid-19. Sebab, lini bisnis berbasis transportasi udara salah satunya ditopang oleh pergerakan dari wisatawan baik domestik dan luar negeri.

Namun, pergerakan wisatawan terpaksa harus turun drastis selama pandemi Covid-19, sehingga kinerja keuangan tertekan, modal tergerus atau ekuitas menjadi merah.

Head Equity Trading MNC Sekuritas Medan Frakie Wijoyo Prasetyo mengatakan untuk melepas tato "E" tersebut ada beberapa cara, seperti melepas aset dan juga melalui jalur pendanaan atau pinjaman.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top