Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Logo baru Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terpasang di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (2/7/2020). - ANTARA FOTO/Aprillio Akbar\\r\\n
Premium

Saham Konstruksi Redup, Dua Sektor Emiten BUMN Tetap Dijagokan

12 April 2021 | 09:40 WIB
Emiten BUMN dari sektor perbankan dan pertambangan masih menjadi pilihan para analis di tengah kinerja indeks saham BUMN yang sedang lesu.

Bisnis.com, JAKARTA — Kendati kinerja indeks saham BUMN sedang lesu, sejumlah emiten dinilai masih prospektif untuk dicermati oleh investor.

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia, indeks IDX BUMN 20 terkontraksi sepanjang tahun berjalan 2021 dengan penurunan 4,34 persen. Koreksi itu lebih dalam dibandingkan dengan LQ45 dan IDX30 yang merosot masing-masing -3,04 persen dan -4,02 persen year to date (ytd).

Kinerja indeks acuan itu juga jauh tertinggal dari indeks harga saham gabungan (IHSG) yang menguat 1,52 persen ytd ke level 6.070,21 pada akhir pekan lalu. Lesunya kinerja IDX BUMN 20 dibebani oleh koreksi saham BUMN sektor konstruksi, semen, infrastruktur utilitas, dan farmasi.

Kendati pamor saham-saham pelat merah memudar, Head of Research Mirae Asset Sekuritas Indonesia Hariyanto Wijaya mengatakan saham PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) dan PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM) masuk dalam top picks pada April 2021.

Menurutnya, BBRI disukai karena laba dan return on equity (ROE) anggota Himbara itu berpotensi pulih pada 2021. Pada 2021, BBRI diestimasi membukukan pertumbuhan laba per saham sebesar 64,7 persen dan ROE 14,5 persen.

“BBRI juga berencana untuk meningkatkan porsi kredit ke segmen mikro dari 40 persen pada 2020 menjadi 45 persen pada 2025. Ini akan membuat BBRI layak mendapatkan valuasi multiple yang lebih tinggi,” tulisnya dalam riset yang dikutip Minggu (11/4).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top