Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Logo PT Bakrie & Brothers Tbk. (BNBR).  - Bisnis.com
Premium

Misteri Lenyapnya Bakrie & Brothers (BNBR) dari Proyek Pipa Gas Cisem

12 April 2021 | 06:52 WIB
Proyek pengerjaan pipa gas Cirebon—Semarang alias Cisem akhirnya dilakukan menggunakan APBN. Sebelumnya, PT Bakrie & Brothers Tbk. (BNBR) dinyatakan sebagai pemenang tender proyek itu.

Bisnis.com, JAKARTA – Pada awal tahun ini, PT Bakrie & Brothers Tbk. (BNBR) diketahui telah menyatakan siap untuk melanjutkan proyek pemipaan gas Cirebon—Semarang alias Cisem.

Kepastian BNBR mendapatkan kesempatan menggarap proyek itu setelah PT Rekayasa Industri mengembalikan hak lelang ke Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas).

Kepala BPH Migas Fanshurullah Asa, pada Januari lalu, mengatakan bahwa sesuai dengan peraturan lelang BPH Migas, apabila pemenang lelang pertama tidak menyanggupi proyek tersebut, maka BPH harus menawarkan proyek itu kepada pemenang lelang kedua.

Fanshurullah menuturkan bahwa pemenang kedua pada saat itu adalah Bakrie & Brothers alias BNBR. Terlebih, BPH Migas telah menerima surat sebanyak tiga kali dari Bakrie & Brothers terkait dengan kesanggupannya untuk proyek itu.

"BNBR sudah menyampaikan tiga surat yang menyatakan sanggup dengan toll fee yang diajukan pada 2006, kami sedang mempersiapkan tahapan secara hukum, termasuk jaminan dan performance bond," ujarnya dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VII DPR, Rabu (27/1/2021).

Dengan demikian, menurut Fanshurullah, kesediaan BNBR tersebut secara otomatis menampik kabar terkait dengan wacana pembangunan proyek pipa gas transmisi Cisem akan menggunakan anggaran APBN.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top