Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Suasana pekerja di ruang produksi pabrik rokok PT Digjaya Mulia Abadi (DMA) mitra PT HM Sampoerna, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Selasa (16/6/2020). - Antara / Siswowidodo
Premium

Historia Bisnis: Kongsi Djarum dan Sampoerna Hadapi Pasar Eropa-AS

11 April 2021 | 18:35 WIB
Persoalan aroma cengkeh dalam rokok kretek, pernah menjadi ancaman bersama bagi PT Djarum dan PT HM Sampoerna di pasar Eropa dan AS.

Bisnis.com, JAKARTA – Tepat 27 tahun lalu, dua raksasa produsen rokok asal Indonesia pernah berkongsi untuk menghadapi masalah bersama di pasar Eropa dan Amerika Serikat.

Kedua perusahaan itu adalah PT Djarum dan PT HM Sampoerna. Uniknya keduanya bersatu akibat aroma cengkeh yang terdapat pada rokok kretek buatan kedua perusahaan.

 Usut punya usut, aroma khas rokok kretek yang berasal dari cengkeh dianggap sebagai bau yang mengganggu lingkungan di Eropa dan Amerika Serikat.

Bahkan, persoalan mengenai aroma rokok kretek tersebut membuat produsen rokok tersebut berkali-kali dibawa ke meja pengadilan di Negeri Paman Sam.

Atas dasar kesepakatan menghadapi persoalan yang sama, maka Djarum dan Sampoerna akhirnya membentuk lembaga untuk menghadapi isu lingkungan tersebut.

Kabar tersebut diwartakan oleh Bisnis Indonesia di koran edisi 11 April 1994. Artikel tersebut berjudul, “Sampoerna & Djarum Bentuk Lembaga untuk Atasi Isyu Lingkungan di AS dan Eropa”.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top