Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Suasana di salah satu super market di Jakarta, Rabu (9/9/2020). Bisnis - Abdullah Azzam
Premium

Bisikan Nielsen untuk Emiten Konsumer & Potensi Saham Retail Ketiban Cuan

09 April 2021 | 18:26 WIB
Lembaga riset NielsonIQ mencatat setiap tahun, meski pandemi terjadi lonjakan konsumsi selama Ramadan.

Bisnis.com, JAKARTA - Ramadan dan Idul Fitri 2021 menjadi peluang mendorong konsumsi di tengah masyarakat. Momen tahunan ini sangat ditunggu oleh produsen dan ritel fast moving consumer goods (FMCG), terutama di negara-negara mayoritas muslim termasuk Indonesia

Berdasarkan data NielsonIQ, penjualan FMCG biasanya melonjak hingga 30 persen di Indonesia, 15 persen di Malaysia, Turki 20 persen, Kerajaan Arab Saudi (KSA) sebesar 11 persen dan 6 persen di Uni Emirat Arab (UEA) selama Ramadan dibandingkan dengan pekan penjualan normal.

Senior Vice President, Intelligent Analytics, Asia Pasifik dan Eropa Timur, Timur Tengah dan Afrika (APAC & EEMEA) NielsenIQ, Didem Sekerel Erdogan mengatakan peningkatan FMCG pada bulan Ramadan dan Idul Fitri terutama untuk kategori makanan dan minuman, seiring dengan aktivitas berbuka puasa. 

"Meskipun beberapa pembatasan masih diberlakukan, kami optimis penjualan FMCG tahun ini akan lebih baik dibandingkan tahun lalu, yang dipengaruhi oleh gelombang pertama pandemi di Maret [2020], yang mengakibatkan penimbunan dan pembelian yang bersifat darurat sebelum masa hari raya," dikutip melalui keterangan resmi Jumat (9/4/2021).

Tahun ini, lanjutnya, pemulihan penjualan FMCG pada hari raya akan didorong oleh adanya pembatasan yang lebih longgar, hingga optimisme seputar ketersediaan vaksin dan berakhirnya perilaku panic buying. Meski begitu, pertumbuhan belanja akan didorong oleh konsumsi rumah tangga.

"Mengingat bahwa konsumsi makanan akan berpusat di sekitar rumah dan skalanya lebih kecil, produsen dan peritel harus menyesuaikan variasi dan ukuran kemasan mereka ke pasar," kata Erdogan.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top