Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Ilustrasi / Pekerja pabrik rokok PT Djarum di Kudus, Jawa Tengah menunjukkan uang Tunjangan Hari Raya (THR) 2020. Djarum adalah sumber kekayaan awal Hartono bersaudara. Antara / Yusuf Nugroho.
Premium

Peran BCA (BBCA) di Balik Posisi Duo Terkaya Sejagat dari Indonesia

08 April 2021 | 14:45 WIB
Harta Hartono bersaudara kokoh memuncaki ranking konglomerat di Tanah Air.

Bisnis.com, JAKARTA - Forbes World's Billionaires kembali menempatkan Hartono bersaudara ke dalam jajaran 100 besar orang paling kaya dunia. Posisi yang menegaskan posisinya sebagai orang terkaya di Tanah Air.

Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono, dua bersaudara yang telah memuncaki orang terkaya dari Indonesia sedikitnya 1 dekade terakhir. Tepatnya sejak 2009 melewati  Sukanto Tanoto (2008) dan Aburizal Bakrie (2007). 

Dalam pengumuman terbaru orang terkaya 2021 itu, Budi Hartono berada di urutan 86 dunia dengan total kekayaan sebesar US$20,5 miliar. Jika dirupiahkan setara dengan Rp287 triliun dengan kurs Rp14.000 per dolar AS. 

Angka yang terus tumbuh meski pandemi menerjang pada 2020 lalu. Sepanjang tahun lalu, kekayaan Budi Hartono menjulang US$13,6 miliar.   

Sementara sang adik, Michael Hartono berada di urutan 89 dunia dengan total kekayaan sebesar US$19,7 miliar setara Rp276 triliun. Jika digabungkan, kekayaan duo bersaudara itu setara Rp563 triliun. 

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top