Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Pekerja melakukan inspeksi pengangkutan batu bara di atas ban berjalan. - Bloomberg / Dadang Tri
Premium

Redupnya Rasio Dividen PT Bukit Asam (PTBA) dan Optimisme Batu Bara

06 April 2021 | 17:40 WIB
Pemegang saham PT Bukit Asam Tbk. (PTBA) bisa jadi kecewa setelah mengetahui rasio dividen perseroan kali ini hanya 35 persen sebagai dampak tertekannya kinerja. Akankah besaran rasio kembali ke level sebelumnya?

Bisnis.com, JAKARTA — Tahun 2020 menjadi masa yang berat bagi emiten-emiten tambang, tak terkecuali PT Bukit Asam Tbk. (PTBA). Hal ini terbukti setelah perseroan mengumumkan keputusan pembagian dividennya.

Pekan lalu, manajemen PTBA memastikan rasio pembayaran dividen untuk laba tahun buku 2020 hanya akan ada di kisaran 35 persen. Rasio ini turun drastis dari angka untuk tahun buku 2019, ketika perusahaan menetapkan rasio dividen hingga 90 persen.

Imbasnya, dividen per saham yang akan diterima para pemegang saham tahun ini pun bakal turun jadi Rp74,5 per saham saja. Angka ini 76,4 persen lebih kecil ketimbang dividen per saham Rp316,8 yang diterima pemegang saham PTBA pada tahun lalu.

Sebenarnya, penurunan nominal dividen tersebut bukan kejutan, terutama menimbang fakta bahwa tahun lalu perusahaan mengalami tekanan berat di tengah pandemi. Akan tetapi, penurunan hingga 35 persen diakui para analis jauh di bawah ekspektasi mereka.

Oleh karena itulah, analis Samuel Sekuritas Dessy Lapagu menilai wajar jika informasi tersebut berdampak signifikan terhadap pergerakan saham PTBA.

“Payout ratio dividend yang di bawah ekspektasi pasar cukup menjadi sentimen negatif bagi PTBA,” tuturnya kepada Bisnis, Selasa (6/4/2021).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top