Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Putera Sampoerna. - sampoernafoundation.org
Premium

Historia Bisnis : Indofood Angkat Bos Rokok Putera Sampoerna Jadi Komisaris

04 April 2021 | 11:28 WIB
Putera Sampoerna, yang dikenal sebagai bos rokok Sampoerna, rupanya pernah terlibat dalam bisnis Indofood. Ada apa gerangan?

Bisnis.com, JAKARTA — PT Indofood Sukses Makmur Tbk. menunjuk Putera Sampoerna sebagai salah satu komisaris di perusahaan konsumer itu, demi meningkatkan kinerja. 

CEO Indofood Eva Riyanti Hutapea mengatakan pengangkatan bos Grup Sampoerna itu telah disetujui oleh para pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). Kabar ini turut ditayangkan di harian Bisnis Indonesia 14 tahun lalu, atau tepatnya edisi 4 April 1997, dalam berita berjudul Putera Sampoerna masuk Indofood jadi komisaris.

"Tujuan pengangkatan itu untuk mengangkat kinerja Indofood. Kita tahu Pak Putera sudah berpengalaman sekian tahun menggeluti bisnis rokok dan distribusi. Jadi, saya kira itu nilai positifnya," ujarnya, ketika itu.

Eva melanjutkan per pertengahan Maret 1997, Putera telah memiliki sekitar 77,725 juta saham Indofood atau sekitar 5,09 persen dari total saham perseroan. Dia menerangkan saham tersebut dibeli dari afiliasi beberapa perusahaan Grup Salim dan bukan dari pendiri perusahaan. 

Putera masuk menggantikan Cesar M. de la Cruz yang beralih posisi menjadi direktur di Indofood. Selain Putera, RUPSLB juga menyetujui penunjukan Herman Djuhar dan Aang Kunaefi sebagai komisaris Indofood. 

Adapun di jajaran direksi, ada dua nama baru lain yakni Iwan Arsianto dan Sri Dewi Subijanto. Sementara itu, Hartono Gunawan mengundurkan diri dari posisinya sebagai direktur.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top