Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Suasana kantor South China Morning Post (SCMP) di Hong Kong, China. - dok. South China Morning Post
Premium

Beijing Tak Letih Kikis Bisnis Jack Ma, Seberapa Menguntungkan SCMP bagi Alibaba?

18 Maret 2021 | 14:46 WIB
Upaya Beijing mengontrol bisnis Jack Ma dan Alibaba rupanya tak berhenti di IPO Ant Group pada tahun lalu. Kini, giliran bisnis media milik perusahaan teknologi itu yang menjadi sasaran.

Bisnis.com, JAKARTA — Tindakan Pemerintah China untuk mengekang bisnis-bisnis Grup Alibaba belum juga padam. Setelah Ant Group gagal menggelar Initial Public Offering (IPO) pada akhir tahun lalu hanya 2 hari sebelum hari-H lantaran "dibatalkan" Beijing, kini giliran bisnis media milik konglomerasi rintisan Jack Ma tersebut yang disasar.

Laporan terkini sejumlah media asing menyebut bahwa Beijing telah mendesak Alibaba untuk menjual aset-aset mereka di berbagai perusahaan media. Termasuk, di dalamnya adalah South China Morning Post (SCMP).

Alasannya adalah adanya kekhawatiran terhadap pembentukan opini publik yang muncul dari berita-berita SCMP maupun orang-orang kaya di sektor teknologi yang dapat berpengaruh terhadap Pemerintah China.

Media yang kerap dijuluki Washington Post-nya China tersebut merupakan satu dari setumpuk portofolio bisnis Alibaba di segmen media. Perusahaan ini diakuisisi Alibaba dengan suntikan dana US$266 juta pada 2015.

Selain SCMP, Alibaba tercatat juga memiliki saham di Youku Tudou yang merupakan semacam platform menyerupai YouTube, perusahaan hiburan Huayi Brothers, dan platform video lainnya yakni Bilibili.

Kebanyakan entitas media yang dimiliki Alibaba sebenarnya sudah dicampuri kepentingan Beijing yang memanjangkan tangannya lewat Shanghai Media Group, perusahaan yang mengendalikan Hunan Television. Shanghai Media Group adalah perusahaan media milik Pemerintah China.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top