Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Karyawan beraktivitas di dekat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (8/9/2020). - Bisnis/Himawan L Nugraha
Premium

Pilah-pilih Saham Emiten saat Rights Issue dan Private Placement Merajalela

15 Maret 2021 | 07:36 WIB
Sejumlah emiten telah merencanakan aksi rights issue dan private placement sejak awal tahun ini. Siapa saja mereka dan bagaimana prospeknya?

Bisnis.com, JAKARTA — Aksi korporasi berupa penerbitan saham baru lewat skema rights issue maupun private placement agaknya bakal jadi tren yang menjamur hingga akhir tahun. Sinyal ini tampak dari gerak-gerik yang sudah ditunjukkan sejumlah emiten.

Rekapitulasi Bisnis mencatat setidaknya per Jumat (26/3/2021), sudah ada 16 emiten yang secara gamblang menyatakan hasrat mereka untuk melakukan salah satu aksi korporasi tersebut. Beberapa sudah berjalan, beberapa tinggal menunggu waktu, beberapa masih akan menunggu persetujuan.

Analis menilai masuk akal jika agresivitas penambahan modal dilakukan pada tahun ini. Selain karena tahun pemulihan kinerja, mereka menilai kian panjangnya antrean penerbitan saham baru juga dipengaruhi tertundanya rencana sejumlah emiten pada tahun lalu.

“Rights issue saat krisis memang pilihan yang berisiko karena investor yang menyerap juga sedang mengalami pelemahan daya beli. Melakukannya pada saat vaksin sudah ditemukan adalah rencana bagus. Jadi, ketika nanti aktivitas sudah normal [pandemi berakhir], modal sudah ada dan tinggal digunakan,” tutur Kepala Riset Praus Capital Alfred Nainggolan kepada Bisnis.

Meski demikian, bagi investor, banjir rights issue ini juga menjadi tantangan tersendiri.

“Sebenarnya tidak ada strategi khusus atau spesifik untuk investor masuk ke saham rights issue. Yang penting harus jeli untuk mencermati tujuannya untuk apa dan kondisi perusahaannya sedang bagaimana,” sambungnya.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top