Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Pengunjung memotret papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (17/7/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Premium

Luber Investor Ritel di Balik Moncernya Emiten Lapis Dua

08 Maret 2021 | 07:45 WIB
Kehadiran investor ritel yang melonjak berdampak kepada kinerja saham-saham lapis kedua dan ketiga terpantau lebih unggul dari saham bluechip sejak awal tahun.

Bisnis.com, JAKARTA – Meningkatnya jumlah investor ritel di Indonesia dalam beberapa waktu terakhir, terutama semenjak pandemi Covid-19 memunculkan dimensi baru di pasar modal Tanah Air.

Berdasarkan catatan Bursa Efek Indonesia (BEI) selama 2020, jumlah investor di pasar modal naik sebesar 56 persen dengan mencapai 3,87 juta single investor identification (SID). Para investor tersebut terdiri atas investor saham, obligasi, maupun reksa dana,

Sekadar catatan, jumlah itu naik empat kali lipat lebih tinggi sejak 4 tahun terakhir dari 894.000 investor pada 2016. Sementara itu, sejak awal tahun ini, jumlah investor saham sudah meningkat dari 1,7 juta menjadi 2 juta SID.

Fakta tersebut menimbulkan dinamika baru di bursa saham Indonesia. Salah satunya bisa tecermin dari kinerja saham-saham lapis kedua dan ketiga terpantau lebih unggul atau outperform dibandingkan dengan saham bluechip sejak awal tahun.

Adapun, kinerja saham berkapitalisasi pasar menengah dan kecil tercermin lewat indeks saham IDX SMC Composite dan IDX SMC Liquid. Kedua indeks ini terpantau naik lebih tinggi dibandingkan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan indeks LQ45 sejak awal tahun.

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia per 5 Maret 2021, indeks IDX SMC Composite naik 8,99 persen atau outperform dari IHSG yang tumbuh 4,68 persen secara year-to-date (ytd).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top