Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Teknisi memasang perangkat Base Transceiver Station (BTS) di salah satu tower di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (18/3/2020). - Bisnis/Paulus Tandi Bone
Premium

Taktik Emiten Djarum, Sarana Menara Nusantara (TOWR) Menjauh dari Kejaran Kompetitor

03 Maret 2021 | 15:55 WIB
PT Sarana Menara Nusantara Tbk. (TOWR) berambisi mempertahankan posisi sebagai perusahaan dengan jumlah menara terbesar di Indonesia. Apa strategi anak usaha Grup Djarum ini?

Bisnis.com, JAKARTA – Ambisi salah satu emiten Grup Djarum, PT Sarana Menara Nusantara Tbk. (TOWR), untuk mempertahankan diri sebagai perusahaan menara terbesar di Indonesia agaknya belum luntur.

Jumlah menara TOWR per 30 September 2020, mencapai 21.373 unit. TOWR memang masih jadi yang terdepan, tetapi dalam waktu dekat posisi mereka berpotensi digoyang oleh PT Dayamitra Telekomunikasi alias Mitratel yang merupakan anak usaha PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM).

Itu bisa terjadi lantaran Mitratel telah berencana melakukan akuisisi terhadap 6.000 menara milik saudara mereka, Telkomsel. Penambahan tersebut bakal mempergemuk portofolio Mitratel jadi 22.000 menara, melampaui TOWR.

Perusahaan lain, PT Tower Bersama Infrastrucure Tbk. (TBIG), juga punya potensi membalap TOWR. Pada tahun lalu, perusahaan yang terafiliasi dengan Grup Saratoga ini telah melakukan penambahan jumlah menara secara agresif ke angka 19.215 unit, sehingga membuat jarak mereka dengan TOWR kian terpangkas.

Di sisi lain, TOWR enggan tinggal diam. Dalam paparannya, Wakil Direktur Utama TOWR Adam Gifari menyebut tahun ini, perusahaannya bakal makin gencar memperkuat lini bisnis organik mereka yang berupa penyewaan menara.

“Sepanjang kuartal IV/2020, kami masih bertumbuh. Dengan asumsi tersebut, proyeksi kami pada 2021, bisnis organik kami [sewa menara] akan mengalami pertumbuhan sekitar 8 persen,” sebutnya dalam paparan webinar yang dihelat MNC Sekuritas, Rabu (3/3/2021).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top