Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Kawasan permukiman besutan PT Alam Sutera Realty Tbk. di Tangerang. Alam Sutera memiliki beberapa segmen andalan yang menopang penjualan properti perseroan mulai dari properti hunian hingga properti komersial seperti perkantoran dan pusat perbelanjaan. - alam/sutera.com
Premium

Berburu Diskon Saham Properti Era Suku Bunga Rendah

24 Februari 2021 | 17:00 WIB
Kebijakan DP nol persen dan suku bunga acuan rendah menjadi angin segar bagi sektor properti.

Bisnis.com, JAKARTA — Relaksasi uang muka atau down payment (DP) kredit properti hingga level suku bunga acuan terendah sepanjang sejarah digadang-gadang akan menjadi katalis positif bagi saham properti. Emiten mana yang masih menarik dikoleksi?

Bank Indonesia menetapkan loan to value (LTV) dan financing to value (FTV) sebesar 100 persen untuk kredit properti. Dengan demikian, konsumen kini tidak perlu membayar uang muka terhitung mulai 1 Maret 2021 karena akan ditanggung oleh perbankan.

Selain itu, bank sentral juga kembali memangkas BI-7 Day Reverse Repo Rate atau suku bunga acuan sebesar 25 basis poin menjadi 3,50 persen. Posisi itu menjadi yang terendah sepanjang sejarah.

Di tengah kebijakan itu, sederet saham-saham dengan lini bisnis properti memiliki price to earnings (PER) ratio yang rendah. Sebagai gambaran, para pelaku pasar kerap menilai saham dengan PER di bawah 10 kali memiliki valuasi yang masih murah.

Berdasarkan data Bloomberg sampai dengan akhir perdagangan Rabu (24/2/2/2021), sebanyak 12 emiten properti memiliki PER di bawah 10 kali.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top