Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Token Bitcoin.  - Bloomberg
Premium

Keamanan Transaksi dan Rencana RI Bikin Bursa Khusus Bitcoin dkk.

19 Februari 2021 | 16:34 WIB
Isu pemanfaatan aset kripto seperti Bitcoin dan kawan-kawan sebagai medium pencucian uang dan untuk transaksi aksi terorisme masih membayangi. Bagaimana dengan praktiknya di Indonesia?

Bisnis.com, JAKARTA – Bitcoin dan sejumlah mata uang kripto lain tengah menikmati bulan madunya dalam beberapa bulan terakhir.

Terbaru, berdasarkan data Bloomberg, harga Bitcoin menembus US$51.493 pada Jumat(19/2/2021). Sebelumnya, pada Rabu (17/2/2021) waktu setempat, harga Bitcoin sempat menembus ke level US$52.332.

Di sisi lain, kapitalisasi pasar Bitcoin saat ini telah mendekati US$1 triliun. Adapun, berdasarkan data Coinmarketcap.com, di bawah Bitcoin terdapat Ethereum yang memiliki kapitalisasi pasar mencapai US$220 miliar dan Binance Coin dengan kapitalisasi pasar US$40 miliar.

Sekadar catatan, saat ini terdapat sekitar 8.522 aset kripto yang harga, nilai kapitalisasi pasar, dan volumenya terdaftar di Coinmarketcap.com. Jika ditotal, nilai kapitalisasi pasar aset kripto di seluruh dunia mencapai US$1,60 triliun.

Namun demikian, kehadiran mata uang kripto seperti Bitcoin, Ethereum dan kawan-kawan bukan tanpa risiko. Terutama terkait dengan aspek keamanan.

Pada medio 2017 ketika pamor Bitcoin dan kawan-kawan meroket tajam, gempuran peringatan terkait keamanan investasi dan perdagangan mata uang kripto bermunculan dari banyak pihak.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top