Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Pengunjung melihat mobil yang dipamerkan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 di Jakarta, Jumat (28/4). - JIBI - Dedi Gunawan
Premium

Peringatan dari Fitch Ratings Soal PPnBM & DP Nol Persen Kendaraan

19 Februari 2021 | 21:30 WIB
Fitch Ratings menyangsikan tuah dari kebijakan PPnBM dan relaksasi uang muka kredit motor yang mulai berlaku pada Maret 2021.

Bisnis.com, JAKARTA — Lembaga pemeringkat internasional Fitch Ratings memberikan pandangannya terkait relaksasi pajak penjualan atas barang mewah dan aturan uang muka kendaraan yang diberikan untuk memacu penjualan dan pembiayaan kredit kendaraan bermotor.

Bank Indonesia secara resmi mengesahkan penerapan kebijakan down payment (DP) atau uang muka nol persen untuk kredit semua jenis kendaraan bermotor. Relaksasi itu akan dimulai pada awal Maret 2021 dan berakhir akhir tahun ini.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyebut langkah itu sebagai bagian dari sinergi Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) untuk meningkatkan pembiayaan dunia usaha. Tujuannya, untuk mendorong pertumbuhan kredit di sektor otomotif dengan memperhatikan prinsip kehati-hatian.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam keterangan resminya mengatakan bahwa relaksasi PPnBM akan diberikan kepada mobil penumpang 4x2, termasuk sedan dengan kubikasi mesin kurang dari 1.500 cc yang diproduksi di dalam negeri.

Dalam penerapannya, pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) akan diberlakukan 0 persen pada Maret — Mei. Selanjutnya, diikuti insentif PPnBM sebesar 50 persen pada Juni — Agustus, dan 25 persen periode September — November 2021.

Dalam publikasi terbarunya Jumat (19/2/2021), Fitch Ratings menilai relaksasi PPnBM nol persen dan aturan pembayaran uang muka kemungkinan besar tidak akan berdampak terhadap peningkatan penjualan kendaraan serta pembiayaan pada 2021.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top