Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Ilustrasi kemitraan PepsiCo. Inc dan Grup Indofood.  - Bisnis.com
Premium

Rentetan ‘Korban’ Pupusnya Kemitraan PepsiCo dan Indofood (ICBP)

18 Februari 2021 | 10:17 WIB
Pecah kongsi antara PepsiCo dan Grup Indofood terutama PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Bisnis.com, JAKARTA – PepsiCo Inc. merupakan salah satu perusahaan multinasional sektor makanan dan minuman dengan segudang merek dagang terkenal. Kehadirannya di Indonesia, selama ini cukup erat hubungannya dengan Grup Indofood.

Namun demikian, dalam beberapa tahun terakhir, hubungan PepsiCo dan Grup Indofood terutama PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) terus menunjukkan penguatan isu pecah kongsi di antara mereka.

Baru-baru ini. ICBP dilaporkan telah membeli seluruh saham yang dimiliki Fritolay Netherlands Holding B.V. di dalam PT Indofood Fritolay Makmur senilai Rp494 miliar. Pembelian saham itu terjadi seiring pengakhiran kerja sama dengan PepsiCo.

Sekretaris Perusahaan Indofood CBP Sukses Makmur Gideon A. Putro mengatakan transaksi pembelian saham tersebut dilakukan kemarin, Rabu 17 Februari 2021.

Emiten dengan kode saham ICBP ini membeli seluruh saham Fritolay selaku afiliasi dari PepsiCo Inc. di dalam PT Indofood Fritolay Makmur (IFL) atau sebesar 49 persen. Setelah transaksi tersebut, kepemilikan ICBP di dalam IFL bertambah menjadi 99,99 persen dari semula 51 persen.

“Nilai transaksi sekitar Rp494 miliar yang akan didanai dari kas internal perseroan,” tulis Gideon dalam keterbukaan informasi, Rabu (17/2/2021).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top