Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Sales Promotion Girl menunjukkan kartu dengan fitur Xtra Unlimited Turbo.  - ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Premium

Mengintip Langkah Efisiensi ala XL Axiata (EXCL)

17 Februari 2021 | 06:49 WIB
PT XL Axiata Tbk. (EXCL) tengah menyiapkan langkah efisiensi jaringan dan spektrum untuk menghadapi persaingan industri telekomunikasi.

Bisnis.com, JAKARTA - Operator seluler dewasa ini dituntut untuk meningkatkan efisiensi jaringan, termasuk meningkatkan efisiensi penggunaan spektrum. Langkah tersebut salah satunya dilakukan oleh PT XL Axiata Tbk. (EXCL) untuk menghadapi persaingan industri telekomunikasi.

Adapun, XL Axiata sendiri berencana mempercepat realokasi aset 3G ke 4G untuk memaksimalkan pemanfaatan spektrum. Upaya tersebut merupakan bentuk efisiensi jaringan sekaligus efisiensi penggunaan spektrum. 

Group Head Corporate Communications PT XL Axiata Tbk. (EXCL) Tri Wahyuningsih mengatakan spektrum yang saat ini dipergunakan untuk 3G akan dilakukan refarming ke 4G untuk memaksimalkan pemanfaatan spektrum.

Adapun, refarming spektrum frekuensi merupakan proses penataan ulang pita frekuensi radio. Melalui refarming penggunaan pita spektrum frekuensi radio dapat makin optimal sehingga masyarakat dapat menikmati penambahan kapasitas untuk memenuhi kebutuhan lalu lintas data yang makin padat.

“Dengan proses refarming ini, kapasitas yang tersedia menjadi lebih besar, sehingga tetap dapat memenuhi kebutuhan dengan pengalaman yang lebih terjaga,” kata Ayu kepada Bisnis, Selasa (16/2/2021).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top