Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Direktur Utama PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI) Sukarto Bujung (tengah) berbincang dengan Direktur Sukaking Bujung (dari kiri),  Direktur Budiman Susilo, Komisaris Utama  Jonathan Jochanan dan Komisaris Elly Tjandra usai rapat umum pemegang saham tahunan di Jakarta, Senin (17/6/2019). - Bisnis/Dedi Gunawan
Premium

Isu Jual Beras Ekspor Murah dan Rencana Stock Split HOKI

12 Februari 2021 | 15:49 WIB
Emiten konsumer sekaligus produsen beras PT Buyung Poetra Sembada Tbk. (HOKI) sempat diterpa isu beras ekspor yang dijual lebih murah di luar negeri dibandingkan di dalam negeri. Di sisi lain, perseroan juga akan melaksanakan stock split untuk memperkuat rencana bisnisnya.

Bisnis.com, JAKARTA – Belum lama ini, emiten konsumer sekaligus produsen beras PT Buyung Poetra Sembada Tbk. (HOKI) sempat diterpa isu penjualan beras yang dijual di luar negeri, yang dibanderol lebih murah dibandingkan di dalam negeri.

Hal itu terungkap ketika ucapan salah satu Warga Negara Indonesia (WNI) di luar negeri yakni Arfi Bambani viral di media sosial pada Selasa (9/2/2021) lalu.

Kala itu dia mempertanyakan harga SG$5 yang tertera pada beras kualitas premium asal Indonesia yang dia temui saat berbelanja di Singapura. Beras dengan merek Topi Koki dalam kemasan 5 kilogram (kg) tersebut dibandrol dengan harga yang menurutnya lebih murah dibandingkan dengan rata-rata harga beras premium di Tanah Air.

“Saya beli beras Indonesia 5 kilogram seharga 5 dolar Singapura. Kalau dirupiahkan sekitar Rp55.000. Jelas ada yang salah dengan harga beras di Indonesia,” ujarnya, Selasa (9/2/2021).

Kecurigaan Arfi tersebut cukup wajar, apabila menilik ketentuan harga beras premium di Indonesia. Harga eceran tertinggi (HET) beras premium di Pulau Jawa, sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan No. 57/2017, dipatok Rp12.800 per kilogramnya. Jika dihitung-hitung, maka nilai maksimal yang harus dirogoh konsumen untuk kemasan 5 kg adalah Rp64.000 di tingkat ritel dalam negeri.

Adapun, beras cap Topi Koki diproses dan didistribusi oleh PT Buyung Poetra Sembada. Berdasarkan penelusuran Bisnis, emitenn tersebut memang melakukan ekspor beras ke Singapura sebanyak 1 kontainer atau setara 20 ton pada Maret 2020.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top