Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Forklift listrik yang digunakan Chandra Asri merupakan salah satu wujud komitmen dalam melaksanakan operasional perusahaan yang mengacu pada sistem keberlanjutan.  - facebook
Premium

Barito (BRPT) hingga Medco (MEDC) Ekspansi Proyek Ramah Lingkungan

09 Februari 2021 | 06:43 WIB
Sejumlah emiten seperti BRPT, MEDC, INDY, AKRA, PTBA, TPIA masuk ke dalam ekositem bisnis hijau atau ramah lingkungan.

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten semakin marak melirik inisiatif pengembangan proyek ramah lingkungan atau proyek hijau, mulai dari pembangkit listrik energi baru terbarukan (EBT) hingga fasilitas pendukung mobil listrik.

Direktur Utama PT Barito Pacific Tbk. Agus Salim Pangestu mengatakan bahwa pengembangan proyek berbasis Environment, Social, Corporate Governance, termasuk proyek hijau, telah diupayakan perseroan sejak lama dan akan terus lebih dipentingkan ke depannya.

Dia menilai proyek hijau semakin prospektif ke depannya seiring dengan banyak investor pun sudah memulai lebih memperhatikan aspek itu dan menunjukkan peningkatan minat terhadap proyek yang lebih ramah lingkungan.

Agus mengaku peningkatan minat investor itu juga membuat perseroan cenderung lebih mudah mencari pendanaan bagi proyek hijau dan berdampak positif terhadap bunga dan jangka pinjaman.

“Sebenarnya, walaupun ada capital expenditure [capex] yang lebih besar dari proyek-proyek itu, tetapi ujung-ujungnya juga akan ada cost saving. Jadi, [keuntungannya] secara long term cost semakin turun, investor semakin minat, dan good for environment,” papar Agus kepada Bisnis, Senin (8/2/2021).

Adapun, emiten berkode saham BRPT itu tengah mengembangkan proyek pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) Salak Binary dengan total capex mencapai US$40 juta yang diharapkan rampung pada 2022. Pengembangan proyek itu dilakukan melalui anak usahanya, Star Energy.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top