Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Suasana pabrik pulp and paper Eldorade Celulose e Papel SA di Tres Lagoas, Brasil, Rabu (12/12/2012). - Bloomberg/Dado Galdieri
Premium

Sengketa Jackson Widjaja dan Kerajaan Bisnis Kertas Grup Sinarmas

05 Februari 2021 | 14:55 WIB
Nama Jackson Widjaja, cucu Eka Tjipta Widjaja, tiba-tiba ramai dibicarakan. Perkara akuisisi perusahaan kertas di Brasil bernilai triliunan rupiah menjadi penyebab.

Bisnis.com, JAKARTA – Nama Jackson Widjaja tiba-tiba mencuat sejak Kamis (4/2/2021). Usut punya usut, cucu dari taipan Eka Tjipta Widjaja ini ternyata merupakan pemilik Paper Excellence, perusahaan kertas yang memenangkan proses arbitrase melawan J&F Investimentos SA.

Dilansir dari laman resmi Paper Excellence, Jumat (5/2), perusahaan itu menyatakan proses arbitrase di International Chamber of Commerce (ICC) memutuskan Paper Excellence dapat melanjutkan akuisisi terhadap Eldorado Brasil Celulose, perusahaan produsen pulp asal Brasil. Akuisisi dapat dilanjutkan sesuai kesepakatan antara Paper Excellence dengan J&F Investimentos yang diteken pada 2017.

J&F Investimentos adalah pemilik saham mayoritas Eldorado. Perusahaan ini dikendalikan oleh kakak beradik Wesley dan Joesley Batista, bagian dari Keluarga Batista yang merupakan salah satu keluarga terkaya di Brasil.

"Kami menerima seluruh pegawai dan pemegang saham Eldorado. Kami adalah perusahaan yang kuat dan berpengalaman yang memiliki dedikasi penuh terhadap potensi bisnis di pasar pulp and paper. Fokus kami sekarang di Eldorado adaah mengintegrasikan perusahaan itu ke Paper Excellence Group, termasuk mengevaluasi bagaimana sebaiknya meningkatkan kapasitas secara bertahap," papar Managing Director of Paper Excellence in Brazil Claudio Cotrim.

Saat ini, Paper Excellence yang berasal dari Belanda tetapi fasilitas produksinya berbasis di Kanada, menggenggam 49,41 persen saham Eldorado. Dengan berlanjutnya akuisisi, maka nantinya kepemilikan sahamnya akan mencapai 100 persen.

Perusahaan menyatakan aksi korporasi ini akan memperkuat kehadiran mereka di pasar internasional di Benua Amerika serta mendukung layanan mereka terhadap para konsumennya di seluruh dunia. Adapun Eldorado, yang kantor pusatnya berada di Tres Lagoas, Mato Grosso do Sul, Brasil disebut sebagai salah satu produsen pulp terbesar global.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top