Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Aplikasi Bima yang disediakan PT Hutchison 3 Indonesia (Tri Indonesia) untuk pelanggannya. - dok. Tri Indonesia
Premium

Mungkinkah Ada Backdoor Listing di Merger Indosat (ISAT)-Tri Indonesia?

04 Februari 2021 | 07:58 WIB
Rencana merger PT Indosat Tbk. (ISAT) dengan PT Hutchison 3 Indonesia alias Tri Indonesia dikabarkan dilakukan lewat skema backdoor listing. Mungkinkah aksi korporasi ini terjadi?

Bisnis.com, JAKARTA – Rencana kerja sama antara PT Indosat Tbk. dengan PT Hutchison 3 Indonesia masih menyisakan berbagai tanda tanya. Kabar terbaru yang berembus menyatakan adanya wacana backdoor listing di pasar modal.

Aksi korporasi itu rupanya tak dibantah oleh Tri Indonesia. Wakil Presiden Direktur 3 Indonesia Danny Buldansyah mengatakan para pemegang saham tengah mengkaji berbagai skema terkait dengan rencana konsolidasi kedua perusahaan, termasuk mengenai skema backdoor listing.

“Apakah ini lewat backdoor listing? Kami masih mengkaji skema apa yang paling tepat ketika nanti terjadi konsolidasi,” ungkapnya dalam konferensi pers yang digelar virtual pada Rabu (3/2/2021).

Untuk diketahui, backdoor listing merupakan aksi akuisisi oleh perusahaan tertutup (non publik) kepada perusahaan yang sahamnya telah tercatat di bursa efek. Seperti diketahui, Indosat (ISAT) merupakan perusahaan yang sahamnya telah diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI), sedangkan Tri belum tercatat.

Aksi backdoor listing yang pernah terjadi di antaranya masuknya PT Indonesia AirAsia ke PT Rimau Multi Putra Pratama Tbk. (CMPP) dengan nilai Rp2,6 triliun pada 2017, serta Prime Asia Capital (PAC) di emiten energi PT Mitra Investindo Tbk. (MITI) pada kuartal IV/2020. 

Danny menjelaskan proses pembahasan konsolidasi dengan Indosat masih berlangsung dan berjalan dengan baik. Kedua perusahaan masih mempelajari data-data yang dimiliki supaya lebih matang nantinya dalam mengambil keputusan.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top