Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis (12/11/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha
Premium

Tak Ada January Effect, Ini Emiten IDX SMC yang Tahan Banting

29 Januari 2021 | 20:13 WIB
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terus tersungkur dalam tujuh sesi. Namun sepanjang tahun ini, terdapat sejumlah emiten dengan kapitalisasi kecil dan menengah yang relatif tahan banting.

Bisnis.com, JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah 95,75 poin atau 1,6 persen ke level 5.883,63 pada sesi pertama perdagangan hari ini, Jumat (29/1/2021). Catatan itu membuat IHSG memperpanjang rekor.

Beragam emiten pun harus mengalami keterpurukan harga lantaran kondisi pasar modal RI terus memerah.

Namun, kondisi yang terjadi di pasar modal tak serta merta membuat seluruh emiten di pasar modal mengalami keterpurukan kinerja sahamnya. Setidaknya sepanjang tahun ini (year to date/ytd) terdapat 12 emiten di kelompok Indeks IDX Small-Mid Cap (SMC) Liquid yang secara agregat tetap menghijau kinerja sahamnya, alias tahan banting.

Adapun, indeks IDX SMC Liquid adalah indeks yang mengukur kinerja harga saham yang memiliki kapitalisasi pasar menengah dan kecil. Mereka dipilih berdasarkan kriteria tertentu seperti likuiditas dan kinerja fundamental.

Terdapat 54 saham yang menjadi anggota indeks ini. Saham yang masuk ini diseleksi secara umum dari indeks IDX SMC Composite (indeks lain di BEI) dan sudah menjadi perusahaan terbuka setidaknya 6 bulan.

Secara khusus, indeks ini dipilih berdasarkan nilai transaksi di pasar reguler, kapitalisasi pasar, harga saham serta kinerja keuangan, keberlanjutan bisnis serta pembahasan oleh analis.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top