Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Konsumen berjalan di depan gerai Hypermart yang dikelola oleh PT Matahari Putra Prima Tbk. (MPPA) di Karawaci, Banten, Indonesia, Jumat (23/1/2015). - Bloomberg/Dimas Ardian
Premium

Merunut Pergerakan Temasek Holdings di Matahari Putra Prima (MPPA) Pemilik Hypermart

29 Januari 2021 | 20:59 WIB
Saham PT Matahari Putra Prima Tbk. (MPPA) melambung setelah entitas anak Temasek dari Singapura mengambil alih sebagian saham perusahaan itu. Ada apa di balik aksi korporasi ini?

Bisnis.com, JAKARTA – Di tengah berlanjutnya tren pelemahan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), saham PT Matahari Putra Prima Tbk. (MPPA) justru mengalami auto reject atas (ARA) pada hari terakhir perdagangan Jumat (29/1/2021). Menyentuh harga Rp116, saham emiten pengelola jaringan Hypermart dan Foodmart tersebut menguat 30 poin alias 34,88 persen dari posisi harga penutupan sehari sebelumnya.

Respons antusias pasar itu tidak terlepas dari perkembangan yang terjadi dalam struktur kepemilikan saham MPPA.

Per Kamis (28/1), sebanyak 1.402.947.000 saham alias 19 persen saham MPPA yang sebelumnya dipegang perusahaan pengelola properti dan investasi properti Prime Star Investment Pte Ltd. (PSI) resmi berpindah ke tangan Anderson Investments Pte Ltd. (Anderson).

Anderson merupakan entitas yang secara tidak langsung dimiliki oleh lembaga pengelola investasi (Sovereign Wealth Fund/SWF) Pemerintah Singapura, Temasek Holdings. 

Sementara itu, PST selaku pemilik saham sebelumnya adalah entitas anak langsung dari pemegang saham mayoritas MPPA, PT Multipolar Tbk. (MLPL). MLPL adalah emiten yang dikendalikan PT Inti Anugerah Pratama, entitas bisnis Grup Lippo yang dikendalikan keluarga Mochtar Riady.

“Maka terhitung sejak 26 Januari 2021, PSI sudah tidak memiliki saham di MPPA,” tulis Sekretaris Perusahaan MLPL Natali Lie dalam keterbukaan informasi di laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (28/1).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top