Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Karyawan beraktivitas di salah satu kantor cabang BRI Syariah di Jakarta, Rabu (29/7/2020). - Bisnis/Abdurachman
Lihat Foto
Premium

BRIS Masuk Indeks BUMN20, Bagaimana Daya Tahannya?

Indeks BUMN20 mendapatkan pendatang baru yakni PT Bank BRI Syariah Tbk (BRIS) yang nantinya akan hadir dalam bentuk entitas baru sebagai hasil merger dengan bank lain yakni PT Bank Syariah Indonesia. Bagaimana prospeknya ke depan?
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com
29 Januari 2021 | 15:01 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Indeks saham BUMN IDX-BUMN20 memiliki pendatang baru, yakni PT Bank BRI Syariah Tbk (BRIS). yang mulai Februari 2021 menggantikan posisi PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk.

Adapun perubahan itu tercantum dalam pengumuman Bursa Efek Indonesia No.Peng-00287/BEI.POP/01-2021 terkait evaluasi mayor indeks IDX BUMN 2020.

Evaluasi dilakukan pada Januari 2021 guna menetapkan daftar saham dan menyesuaikan bobot atas saham-saham yang digunakan dalam penghitungan indeks IDX BUMN20. 

Untuk diketahui, IDX BUMN20 merupakan indeks yang mengukur kinerja harga dari 20 saham perusahaan tercatat yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), dan afiliasinya.

Adapun, tak lama lagi PT Bank BRI Syariah akan melebur bersama PT Bank Mandiri Syariah, dan PT Bank BNI Syariah menjadi entitas baru yakni  PT Bank Syariah Indonesia Tbk, pada 1 Februari 2021. Entitas baru tersebut akan menggunakan kode saham yang digunakan BRI Syariah saat ini, yakni BRIS.

Apabila ditelisik ke belakang, penguatan harga saham BRI Syariah terjadi setelah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merilis izin untuk PT Bank Syariah Indonesia (BSI) sebagai entitas baru.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top