Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Karyawan di salah satu lini PT Kalbe Farma Tbk. (KLBF). - Dok. Annual Report 2005
Premium

Kalbe Farma (KLBF) Masuki Periode Sibuk, Adakah Suntikan Tenaga yang Diterima?

28 Januari 2021 | 21:29 WIB
PT Kalbe Farma Tbk. menyiapkan berbagai rencana untuk ekspansi tahun ini dan jangka panjang. Apa saja yang dilakukan emiten farmasi itu untuk mengejar pertumbuhan?

Bisnis.com, JAKARTA – Kabar positif tengah meliputi emiten farmasi PT Kalbe Farma Tbk. (KLBF). Di tengah ancang-ancang menyongsong target pertumbuhan kinerja tahun ini, entitas anak mereka yakni Kalbe Genexine Biologics (KGBio) mendapat suntikan modal US$55 juta dari firma ekuitas global General Atlatic (GA).

Dalam laporan keterbukaan informasi KLBF di Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (27/1/2021), KGBio menyatakan perseroan telah menerbitkan saham baru untuk menampung porsi kepemilikan GA.

“Uangnya [dana dari GA] semua untuk mengembangkan KGBio ke depan. GA akan menjadi significant minority shareholder di KGBio bersama Genexine. Kalbe masih mayoritas,” tutur CEO KGBio Sie Djohan.

Hadirnya tambahan modal dari GA jadi penopang penting bagi pengembangan bisnis perusahaan di segmen biologi. Investasi ini sekaligus menjawab teka-teki mengapa KLBF cenderung menganggarkan belanja modal mereka tahun ini, yang dipatok Rp1 triliun, untuk kebutuhan-kebutuhan maintenance saja.

Dengan asumsi kurs Rp14.067 per dolar AS saat keterbukaan informasi diumumkan, artinya porsi investasi GA di KGBio setara Rp773 miliar.

“Memiliki partner dengan investor terkemuka seperti General Atlantic membuat kami yakin bahwa KGBio akan mendapatkan akses dan eksposur KGBio kepada pakar, jaringan, dan investasi internasional yang akan mempercepat upaya kami untuk membawa KGBio ke level berikutnya,” sambung Djohan.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top