Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Presiden Komisaris PT Darma Henwa Tbk  Muhammad Lutfi (dari kanan) berbincang dengan Presiden Direktur Saptari Hoedaja, Direktur Ivi Sumarna Suryana, dan Komisaris Kanaka Puradiredja, usai RUPS di Jakarta, Kamis (27/6/2019). - Bisnis/Endang Muchtar
Premium

Asa Grup Bakrie agar Darma Henwa (DEWA) Meniru Jejak BRMS di Tambang Emas

28 Januari 2021 | 14:25 WIB
Grup Bakrie makin agresif di lini pertambangan emas. PT Darma Henwa Tbk. (DEWA) mengikuti jejak PT Bumi Resources Mineral Tbk. (BRMS) dengan mengakuisisi tambang emas di Aceh.

Bisnis.com, JAKARTA – Sepekan lebih usai pengumuman transaksi, emiten pertambangan yang terafiliasi dengan Grup Bakrie, PT Darma Henwa Tbk. (DEWA) akhirnya mengumumkan laporan informasi terkait akuisisi mereka terhadap 98,89 persen saham PT Sabina Mahardika (SM).

Kepala Hubungan Investor dan Sekretaris DEWA Mukson Arif Rosyidi memastikan aksi korporasi tersebut bakal berdampak positif terhadap prospek jangka panjang perseroan.

“Kelangsungan usaha perseroan akan lebih baik, karena perseroan [sebelumnya] baru fokus pada jasa kontraktor pertambangan. Dan dengan akuisisi ini perseroan juga akan memiliki konsesi tambang mineral,” tuturnya dalam keterbukaan informasi, Rabu (27/1/2021).

Bagi DEWA, SM bukanlah nama yang asing. Jika merunut laporan keuangan tahunan perseroan pada 2019, Darma Henwa pernah terlibat transaksi sebesar US$11.580.000 dengan salah satu anak usaha SM, yakni PT Mahadaya Imajinasi Nusantara (MIN).

Tidak disebutkan secara spesifik detail transaksi piutang yang masuk ke dalam pos aset tidak lancar perseroan tersebut. DEWA hanya memberi keterangan bahwa transaksi itu dilakukan “dalam rangka penunjang kegiatan usaha.”

Dalam keterbukaan informasi tersebut, Mukson lantas menambahkan bahwa kepemilikan terhadap SM berikut anak usahanya, termasuk MIN, akan menguntungkan perusahaan. Pasalnya, akuisisi itu bakal membuat DEWA secara tidak langsung punya porsi kepemilikan terhadap proyek GMR.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top