Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Karyawan di dekat papan elektronik yang menampilkan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Kamis (26/3/2020). - Bisnis/Dedi Gunawan
Premium

Mengapa Perbankan dan Komoditas bisa Jadi Sektor Unggulan Tahun Ini?

26 Januari 2021 | 06:29 WIB
Sektor komoditas dan perbankan dinilai dapat menjadi sektor unggulan di pasar saham tahun ini. Penguatan harga komoditas dan meningkatnya arus masuk modal asing menjadi faktor yang mempengaruhi pergerakan saham di kedua sektor tersebut.

Bisnis.com, JAKARTA – Sejumlah sentimen berkaitan dengan pandemi Covid-19, baik dari dalam negeri maupun luar negeri dipastikan bakal kembali mewarnai dinamika pasar modal tahun ini.

Sejumlah analis pun sepakat, emiten dari sektor perbankan dan komoditas akan menjadi primadona sekaligus unggulan pada 2021 ini. Khusus untuk komoditas, kinerja moncer dari emiten sektor tersebut mulai tampak pada paruh kedua 2020.

Sementara itu, untuk sektor perbankan, boleh dibilang tahun lalu bukanlah periode yang baik. Sektor tersebut menjadi yang cukup tertekan akibat adanya pandemi Covid-19.

Namun pada tahun ini Indonesia diprediksi mendapatkan keuntungan dari pemulihan harga komoditas global, yang terdorong oleh permintaan China yang meningkat. Pasalnya Negeri Panda tersebut menjadi konsumen terbesar di dunia karena sebagai pusat manufaktur terpenting di seluruh dunia.

Hal itu setidaknya tampak dari indeks PMI manufaktur China yang terus berekspansi karena adanya pesanan pabrik baru, dan pesanan untuk ekspor baru, sehingga membantu mengerek harga komoditas sebagai bahan kegiatan manufaktur. Dengan demikian, pemulihan harga komoditas, seperti nikel dan CPO, seharusnya berdampak positif bagi Indonesia.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top