Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Tanda 5G dipasang di belakang jejaring kabel telekomunikasi di MWC Barcelona di Barcelona, Spanyol, Senin (25/2/2019). - Bloomberg/Angel Garcia
Premium

Menerka Nasib Saham Telkom (TLKM) dan Smartfren (FREN) Usai Pembatalan Lelang 5G

25 Januari 2021 | 19:05 WIB
Pembatalan keputusan lelang jaringan 5G oleh pemerintah membuat saham-saham emiten telekomunikasi terkoreksi. Bagaimana nasib Smartfren (FREN) dan Telkom (TLKM) nantinya?

Bisnis.com, JAKARTA – Setelah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membatalkan hasil keputusan lelang frekuensi 2,3 GHz untuk layanan 5G, saham-saham emiten telekomunikasi kompak mengalami koreksi pada perdagangan Senin (25/1/2021).

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) menutup perdagangan di posisi Rp3.370, melemah 0,59 persen dari posisi sehari sebelumnya, sedangkan PT Smartfren Telecom Tbk. (FREN) merosot 6,06 persen ke angka Rp62. Bersama PT Hutchison 3 Indonesia, keduanya masuk dalam daftar tiga operator yang telah tembus lelang sebelumnya.

Bahkan, emiten-emiten yang sebelumnya kalah lelang pun ikut terpukul. Saham PT XL Axiata Tbk. (EXCL) misalnya, mengalami pelemahan harga 30 poin alias 1,23 persen ke level Rp2.400. Sementara itu, PT Indosat Tbk. (ISAT) terjun 100 poin alias 1,83 persen ke posisi Rp5.375.

Analis Reliance Sekuritas Anissa Septiwijaya menilai turut terdampaknya hampir semua emiten operator seluler—termasuk yang kalah lelang sekalipun—sebagai hal yang masuk akal. Sebab, lelang tersebut otomatis berpotensi membuat implementasi layanan 5G secara keseluruhan ikut tertunda.

“Dengan batalnya proses lelang ini secara otomatis juga membatalkan hasil lelang yang sebelumnya sudah diumumkan pada publik,” tuturnya kepada Bisnis, Senin (25/1).

Walau demikian, Anissa cenderung menilai tekanan akibat sentimen tersebut hanya akan terjadi dalam jangka pendek.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top