Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Tumpukan emas dengan berat dan ukuran yang berbeda-beda dijual di Gold Investments Ltd. di London, Inggris, Rabu (29/7/2020). - Bloomberg/Chris Ratcliffe
Premium

Permintaan Diproyeksi Menguat, Emiten Penambang Emas Siap-siap Rebound?

19 Januari 2021 | 08:27 WIB
Harga emas diperkirakan menguat pada tahun ini seiring proyeksi pulihnya daya beli. Bagaimana pengaruhnya ke kinerja emiten produsen emas?

Bisnis.com, JAKARTA – Tren harga yang cenderung melambung sejak kemunculan pandemi Covid-19 tampaknya belum akan membuat permintaan terhadap emas surut. Setidaknya demikian menurut riset World Gold Council (WGC).

Dalam laporan berjudul Gold Outlook 2021, tim riset WGC yang dipimpin Adam Perlaky dan Johan Palmberg justru memproyeksi permintaan instrumen safe haven tersebut akan naik hingga akhir tahun. Ini dikarenakan potensi pulihnya daya beli masyarakat yang sempat terpukul akibat pandemi.

“Pemulihan ekonomi mungkin tidak mengembalikan [permintaan] sekuat sebelum pandemi Covid-19, tetapi kinerja harga emas yang lebih stabil sejak pertengahan Agustus dapat mendorong peluang pembelian bagi konsumen,” tulis riset tersebut seperti dikutip Bisnis, Senin (18/1/2021).

Adapun salah satu negara yang diproyeksi bakal mengalami kenaikan permintaan adalah China. Selain itu, permintaan negara-negara yang punya kebutuhan tinggi seperti India juga diperkirakan meningkat ketimbang 2020.

Laporan tersebut juga menjadi kabar baik bagi emiten-emiten emas Indonesia. Terutama, mereka yang rutin mengekspor emas ke negara lain.

Pemerintah memang tidak mempublikasikan secara terperinci berapa nilai ekspor emas tahunan Indonesia. Namun, jika mengacu kategorisasi yang dibuat Badan Pusat Statistik (BPS), ekspor emas Indonesia ke negara lain cenderung mengalami tren kenaikan dari tahun ke tahun, meskipun data kumulatif 2020 belum dirilis.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top