Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Karyawan beraktivitas di galeri PT Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Selasa (6/10/2020). Bisnis - Arief Hermawan P
Premium

Jeratan Utang Investor Pemula dan Jurus Lolos dari PHP Investasi Saham

18 Januari 2021 | 17:29 WIB
Lini masa media sosial beberapa hari ini diramaikan oleh curahan hati sejumlah investor yang merugi ketika berinvestasi saham. Beberapa di antaranya harus berutang untuk berinvestasi.

Bisnis.com, JAKARTA – Jagat dunia maya akhir-akhir ini diramaikan oleh keriuhan berupa keluh-kesah para investor pemula, yang harus terjerat utang untuk berinvestasi berbentuk saham.

Seperti diketahui, investasi saham boleh dibilang makin ngetren sejak tahun lalu. Bahkan, investor pemula dari kalangan milenial juga tergiur mencoba peruntungannya di pasar saham.

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 2020 lalu, investor saham tercatat naik sebesar 53 persen menjadi sejumlah 1,68 juta single investor identification (SID). Hal itu, menggambarkan betapa tingginya minat masyarakat untuk berinvestasi dalam bentuk instrumen saham.  

Tak tanggung-tanggung, beberapa dari mereka mencari pinjaman utang dengan jumlah yang besar untuk melakukan investasi saham. Namun, beberapa di antaranya bukannya meraup untung yang didapat malah buntung.

Hal itu, tergambar setidaknya dalam utas yang yang dipublikasikan akun Twitter @desmondwira. Trader sekaligus penulis Desmond Wira memberikan beberapa tangkapan layar pesan singkat sumber anonim yang berisi 'jeritan' investor pemula yang mencoba peruntungan berinvestasi dalam instrumen saham. 

"Saya abis pinjam online. 10 aplikasi dapat Rp170 juta saya haka ANTM tadi langsung 500 lot [ikon menangis]. Tolong kak."

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top