Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Pabrik semen PT Solusi Bangun Indonesia Tbk. di Narogong, Kabupaten Bogor. Solusi Bangun Indonesia merupakan entitas baru setelah PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. mengambil alih kepemilikan Semen Holcim dari Lafarge Cement. Adapun saat didirikan, perusahaan ini bernama Semen Cibinong. - solusibangunindonesia.com
Premium

Berkah SWF untuk Indocement (INTP) & Semen Indonesia (SMGR)

18 Januari 2021 | 21:05 WIB
PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. (INTP) dan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (SMGR) akan ketiban berkah dari SWF.

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten produsen semen, PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. (INTP) dan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (SMGR) mendapat angin segar dari pembentukan sovereign wealth fund (SWF) yang kian menemui titik terang.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan perkembangan terkini pembentukan lembaga pengelola investasi (LPI) atau SWF dalam sebuah diskusi virtual akhir pekan lalu.

Pemerintah tengah merampungkan aturan turunan soal SWF yang merupakan amanat dari Undang Undang (UU) 11/2020 tentang Cipta Kerja. Aturan turunan saat ini sedang dirampungkan dan ditargetkan selesai pada Februari 2021.

Luhut mengungkapkan chief executive officer (CEO) SWF akan diumumkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada pekan ini. Menurutnya, SWF akan dipimpin oleh sosok anak muda dengan kisaran usia 40 tahun.

Berdasarkan UU Cipta Kerja, LPI terdiri atas dewan pengawas dan direktur. Dewan direktur berjumlah lima orang dari unsur profesional.

SWF akan menjadi kepanjangan tangan pemerintah dalam pembangunan dengan modal Rp75 triliun atau US$5 miliar. Negara akan menempatkan modal pertama senilai Rp15 triliun atau sekitar US$1 miliar.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top