Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Kegiatan di salah satu kantor cabang Bank Jatim. - ANTARA FOTO/Rosa Panggabean
Premium

Membedah Rapor Bank Jatim (BJTM), Saham Andalan Baru Sangmology

15 Januari 2021 | 13:08 WIB
Kaesang Pangarep menyinggung saham PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. (BJTM) di media sosialnya, sedikit banyak menyulut pergerakan saham bank tersebut. Bagaimana sebenarnya kondisi fundamental bank BUKU III itu?

Bisnis.com, JAKARTA – Parade kenaikan saham-saham bank dalam kategori Bank Umum Kegiatan Usaha (BUKU) III belum benar-benar berakhir. Tak mau ketinggalan dari kompetitornya, kali ini giliran emiten perbankan daerah PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. alias Bank Jatim (BJTM) yang unjuk gigi.

Hingga sesi pertama perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) Jumat (15/1/2021) berakhir, saham BJTM nangkring di posisi Rp925. Nominal ini menguat 90 poin alias 10,65 persen dari posisi penutupan sehari sebelumnya yang ada di Rp845.

Sementara itu, secara year-to-date (ytd), saham BJTM telah menguat 36,02 persen dari posisi Rp680 pada akhir tahun lalu.

Mencuatnya harga BJTM terjadi seiring rekomendasi yang dicuit Kaesang Pangarep, pendiri lembaga edukasi investasi saham Saham Rakyat sekaligus putra bungsu Presiden Joko Widodo.

Kerap melabeli pandangan pribadinya terhadap sejumlah emiten dengan istilah “Sangmology”, Kaesang pertama kali mereferensikan saham BJTM pada Kamis (14/1). Salah satu dasar dari rekomendasinya adalah valuasi yang murah, yang mana memiliki Price-to-Earning Ratio (PER) di kisaran 7,5x serta Return-on-Equity (ROE) yang ada di kisaran 13 persen.

“Dianalisis dulu ya gaes. Ini semua hanya bersifat rekomendasi dan sebagai bahan pertimbangan, dan bukan perintah untuk jual ataupun beli. Kalau kamu untung atau rugi ya ditanggung masing-masing. Pokoknya tanggung jawab sendiri,” papar Kaesang lewat utas cuitan di Twitter, Kamis (14/1).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top